Buku-buku dan Tulisan di 2014

By Robin Wijaya - September 06, 2014

Catatan ini sudah saya muat sebelumnya di facebook. Tentang buku-buku saya yang akan rilis di tahun 2014, serta proyek-proyek tulisan yang masih digarap. Kita mulai dari buku dulu ya. Akan ada 2 buku yang terbit tahun ini: Musim Cinta dan Nightfall. Keduanya diterbitkan oleh penerbit yang berbeda dari penerbit buku-buku saya sebelumnya. Musim Cinta akan diterbitkan oleh Matahari Publisher, sedangkan Nightfall rencananya akan dirilis melalui Elex Media. Banyak yang bertanya melalui inbox maupun email kenapa pindah penerbit? Bukan pindah sebetulnya. Hanya saja, dua naskah tersebut memang berjodoh dengan penerbit lain. Nanti akan saya ceritakan prosesnya.

Perihal Musim Cinta, sekarang ini naskahnya sedang naik cetak. Pre-order sudah dibuka oleh penerbit melalui SMS dan BBM. Ada bonus gantungan boneka lucu untuk teman-teman yang ikut pre-order. Musim Cinta ditulis bersamaan saat saya sedang menulis ulang Jika Hujan Pernah Bertanya. Kedua buku tersebut memiliki nyawa yang mirip. Hanya saja, Musim Cinta digadang untuk mereka yang sering bertanya kenapa harus jatuh cinta, dan pada kenyataannya setiap orang memang ingin jatuh cinta. Tak ada janji-janji untuk naskah ini selain kisahnya yang ringan dan sangat sehari-hari. Musim Cinta juga tak melulu mengusung kisah cinta dewasa, tapi juga remaja. Kalau teman-teman suka Jika Hujan Pernah Bertanya, mudah-mudahan akan menyukai Musim Cinta juga.

Nightfall sedang masuk proses pracetak sepertinya. Revisinya sudah rampung saya kerjakan. Editor sedang mengelolanya untuk finalisasi. Nightfall sendiri awalnya adalah cerita bersambung yang saya posting di blog sejak pertengahan tahun lalu. Awal tahun ini, naskah tersebut bertemu jodoh. Elex Media meliriknya dan bersedia bekerja sama dengan saya untuk membidani kisah tersebut. Karena awalnya Nightfall adalah cerita bersambung, tentu ketika diangkat menjadi novel terjadi perubahan di sana-sini. Baik dari segi konflik, penokohan maupun setting. Saya menulis ulang naskah tersebut selama tiga atau empat bulan. Setelah ditulis, kisah ini menjadi lebih dalam dan kompleks dibanding versi di blognya. Ada beberapa tokoh baru yang muncul dan (hmmm... tak sabar memberi bocorannya) memungkinkan munculnya kisah baru setelah Nightfall sendiri. Nightfall bersetting di 2 negara: Indonesia (Bandung) dan Amerika Serikat (Seattle dan Richland). Nightfall akan jadi cerita yang manis dan menarik. Saya sangat menyukai tokoh-tokoh yang ada di dalamnya, dan kadang membuat saya iri karena ingin ikut berinteraksi dalam dialog dan adegan-adegan dalam buku ini.

Selain dua buku di atas. Rencananya Jika Hujan Pernah Bertanya pun akan dicetak ulang dengan cover baru (lagi). Saya sedang menunggu desain cover yang baru tersebut. Akan saya bagikan ke teman-teman kalau sudah siap. Kenapa ganti cover lagi? Akan saya ceritakan nanti. Secara isi, masih sama dengan yang edisi barunya kok.

Oke, selain itu ada apa lagi? Ada satu proyek tulisan untuk GagasMedia yang sedang saya kerjakan. Sudah separuh jalan, tapi belum rampung, Sebagian dikarenakan pada proses penulisannya, saya sempat gamang dengan nyawa dari kisahnya. Mudah-mudahan akan selesai dalam 1 bulan ini, karena saya pun sudah tak sabar ingin menyelesaikannya dan segera membaca ulang dari awal sampai akhir. Oh ya, cerita ini memiliki keterkaitan dengan Versus. Saya sangat suka dengan tokoh-tokohnya dan penulisan ceritanya sendiri (sekali-kali bangga dikit sama karyanya boleh kan?). Mudah-mudahan kalau sudah terbit nanti, kisah ini akan jadi bacaan istimewa untuk teman-teman.

Sejauh ini, itu lah yang bisa saya bagi kepada teman-teman. Saya tahu, kebahagiaan terbesar seorang penulis adalah ketika karyanya diterima dan diapresiasi oleh pembaca. Karena apa yang sudah teman-teman berikan selama ini, hal itu lah yang mendorong saya untuk tetap menulis. Mudah-mudahan, selama masih diberi waktu dan kesempatan, saya akan tetap menuliskannya untuk teman-teman. Ada ide-ide gila juga yang belum bisa saya bagi kepada teman-teman saat ini, dan lagipula tampaknya belum bisa diwujudkan dalam waktu dekat. Biar saya simpan dulu. Kelak bertemu jodoh, pasti ide-ide tersebut jadi realita.

Terakhir, jangan lupa mampir ke tempat-tempat ini ya. Saya sering berbagi di sana:
- robinbieblogwijaya.blogspot.com
- robinbiewijaya.tumblr.com
- twitter: @robinBIEwijaya

Salaaammmmm....

  • Share:

You Might Also Like

0 komentar