Bagaimana Memulai 2014?

By Robin Wijaya - Januari 16, 2014



Sudah lebih dari 2 minggu sejak kita memulai tahun yang baru. Bagaimana? Sudah ada satu-dua resolusi yang tercapai? 2 pekan bukankah sudah terlalu telat untuk baru menyusun resolusi? Sementara banyak manusia sudah terbang ke belahan dunia lain untuk mengejar apa yang mereka tulis sebelum tutup tahun. Tapi kata orang, lebih baik telat daripada tidak sama sekali. Jadi? Mari kita bicarakan apa yang akan saya bagi kepada teman-teman pembaca di tahun 2014 ini.

2014 ini pasti akan lebih baik dari 2013. Saya percaya itu. Bagaimana dengan tulisan-tulisan yang akan saya berikan kepada teman-teman? Saya hanya bisa memberi tahu bahwa saat tulisan ini dibuat, buku Jika Hujan Pernah Bertanya edisi revisi sedang finalisasi di Penerbit Matahari. Sementara itu, adik dari Jika Hujan sendiri sedang saya tulis. Saya belum mempunyai stok naskah novel apapun. Juga draft yang benar-benar berbentuk draft tulisan (bukan sekadar ada di kepala). Jadi untuk teman-teman yang menunggu novel baru saya setelah Versus, mungkin perlu bersabar. Ah, bagaimana kalau melengkapi dulu buku-buku saya yang lama. Bukankah Before Us, Menunggu dan Roma juga wajib masuk dalam daftar koleksi?

Tak menulis buku bukan berarti tak bisa menggembirakan perasaan teman-teman. Sejujurnya, ada keinginan untuk rehat sejenak. Tapi saya tahu, begitu masuk ke dunia tulis-menulis, dan mendapatkan teman-teman pembaca yang awalnya saya tidak kenal bahkan tak terpikir juga kalau ada orang-orang yang akhirnya membaca buku saya dan membaca buku berikutnya dan berikutnya. Maka saya pikir, menulis dan menyajikan bacaan bagi teman-teman adalah sebuah komitmen yang harus saya lakukan. Bahkan, mungkin lewat tulisan sederhana seperti tweet, status update, postingan di tumblr dan blog ini. Jadi, tenang saja, saya masih akan menulis. Walau mungkin medianya berbeda. Tak melulu soal buku.

Nah, bagaimana kita memulai 2014? Kita? Ya, kita. Saya dan Anda. Saya dan teman-teman. Bukankah penulis dan pembaca adalah satu kesatuan yang lengkap (oh, jangan lupakan juga teman-teman penerbit yang selalu menjadi partner hebat yang telah membantu saya melahirkan buku-buku yang ada di tangan teman-teman saat ini). 2014 ini, saya akan berbagi cerita dengan satu media baru. Melalui youtube. Kalau selama ini teman-teman membaca tulisan saya lewat buku dan blog, mendengarkan suara saya lewat soundcloud, kali ini tulisan saya akan di-visualisasikan. Bagaimana visualisasinya? Bisa jadi lewat gambar tangan yang saya buat. Atau potongan klip. Atau satu rekaman pendek yang saya bacakan untuk teman-teman. Atau malah jika beruntung, saya bisa memberdayakan beberapa teman untuk berakting dalam cerita yang saya buat. Kita lihat saja nanti. Saya menginginkan semua hal itu. Saya menginginkan hal-hal baru dan sesuatu yang baru juga. Buat saya, media yang berbeda akan memiliki tantangan yang berbeda. Yang penting, doakan saja. Mudah-mudahan otak saya bisa mewujudkan hal tersebut, dan semesta mendukung. Amin.

Lalu bagaimana dengan blog? NIGHTFALL akan dilanjutkan dalam 2 episode. Kenapa cuma 2? Sudah ending-kah? Belum. Sangat jauh dari ending. Tapi kenapa hanya 2? Karena beberapa alasan. Selain menghindari plagiarism, saya juga berencana membukukan cerita tersebut. Akan diterbitkan dimana? Kita lihat saja nanti. Selain NIGHTFALL yang akan ada di blog. Postingan prosa (yang biasa disebut teman-teman tulisan galau) akan tetap berjalan seperti biasa. Mudah-mudahan setiap bulannya bisa muncul setidaknya 1 prosa.

Selain blogger, saya juga akan memberdayakan tumblr. Berhubung belakangan lagi senang-senangnya ngumpulin foto. Tumblr akan lebih banyak berisi gambar dan potongan flash-fiction, atau hanya quote. Hmmm... saya jarang menggunakan gambar kan selama ini. Mari kita coba.

Soundcloud akan berjalan lagi. Dan jika teman-teman ingin membuat versi audio dari tulisan-tulisan saya, silakan saja. Jangan lupa men-tag saya di soundcloud agar bisa saya repost.

Giveaway dan kuis tentu akan ada lagi. Spesial di bulan Februari nanti, karena musim cinta dan berdekatan dengan ulang tahun saya. Kita buat sesuatu yang spesial ya. Ditunggu saja. Dan... yang terakhir. Saya sudah punya website, hasil kreasi sahabat baik saya Sefryana Khairil. Saat ini saya sedang belajar (maklum gaptek) bagaimana mengelola website. Ke depannya, berbagai informasi akan saya masukkan ke website. Dan, semua akun sosial media saya akan di-link-an juga ke website tersebut. Jadi memudahkan teman-teman kalau ingin visit, ketimbang mengingat nama akunnya satu-persatu.

Terakhir... saya tak punya sesuatu yang lebih selain doa dan dukungan teman-teman pembaca. Terima kasih, sejak 2011 hingga saat ini masih mau menengok barisan aksara yang saya buat. Sukses untuk teman-teman juga!



sebelum websitenya berjalan baik, ini beberapa alamat akun yang bisa ditengok:
facebook: www.facebook.com/robinwijayabooks
twitter: @robinBIEwijaya
tumblr: robinwijaya.tumblr.com
soundcloud: www.soundcloud.com/robinbiewijaya
instagram: robinbiewijaya
youtube: www.youtube.com/user/robinsharonanggia
website: www.robinbiewijaya.com

  • Share:

You Might Also Like

0 komentar