Perjalanan Novel BEFORE US

By Robin Wijaya - Februari 07, 2012

Bertahun-tahun yang lalu BEFORE US adalah sebuah cerpen berjudul 'Radith' yang tidak pernah terpikir oleh saya kalau akan saya kembangkan menjadi sebuah novel. Sampai akhirnya saya menantang diri saya untuk menulis novel kembali (setelah novel sebelumnya yang bergenre remaja ditolak oleh GagasMedia pada tahun 2007), dan saya sangat tidak berminat untuk menulis novel lagi sejak saat itu.

Lebih dari setahun lalu, naskah ini masuk dalam daftar panjang peserta kompetisi menulis GagasMedia 100% Roman Asli Indonesia. Masuk 20 besar, tapi belum beruntung untuk jadi juara. Sampai akhirnya pada Februari 2011 lalu, seorang crew GagasMedia menelepon saya dan mengabarkan kalau naskah ini akan diterbitkan. Pertengahan tahun 2011 naskah novel ini mulai masuk dapur penerbit. Dibaca ulang, dikoreksi dan akhirnya saya diminta untuk merevisi. Cukup melelahkan, karena seingat saya selama proses revisi tersebut saya cukup intens berhubungan dengan editor untuk membongkar naskah ini dan re-writing sampai 20-an chapter. Saya juga menghubungi beberapa teman saya untuk membantu menyempurnakan tokoh, konflik, dan isu affair dalam novel ini supaya terlihat logis dengan dialog-dialog yang terlihat rasional tapi tetap menggunakan bahasa yang indah dan puitis ala-ala tulisan saya di 2 buku sebelumnya, hehehehe.


And finally, it's DONE.

Soal judul dan cover, sudah saya share di catatan sebelumnya. Yang pasti, terima kasih luar biasa untuk teman-teman GagasMedia yang memperlakukan naskah saya dengan sangat layak (merasa terhormat bisa kerja sama bareng kalian). Designer covernya yang super filosofis (nggak pernah mikir, ada makna-makna terselubung di balik setiap detail covernya). Editor yang sudah menyempurnakan tulisan saya jadi lebih enak dibaca. Dan, orang yang berkali-kali ngomel di telepon dan bikin saya mingkem kalo ketemu (karena nggak tahu harus ngomong apa saking pinternya beliau membaca dan mengoreksi naskah), yeah, Mr. Christian Simamora, I adore you so much. Berharap novel ini bukan jadi yang pertama dan terakhir sekaligus.

And, here it is...
Naskah ini berwujud dan berdimensi sekarang...




 BEFORE US bisa didapatkan di toko-toko buku mulai Februari ini.

  • Share:

You Might Also Like

5 komentar

  1. Semua kerja keras pasti berbuah manis. Selamat ya maz atas terbitnya Before Us.
    Minggu ini saya akan mulai baca :)

    BalasHapus
  2. Thank you...
    Ditunggu commentnya ya :)

    BalasHapus
  3. A great story all about life, love and reality....flow ceritanya ngaduk bgt...ditunggu krya selanjutx....

    BalasHapus